Danramil 07/PB Hadiri Rapat Sosialisasi Larangan Ternak Masuk Kebun Sawit Gunung Bayu 

Danramil 07/PB Hadiri Rapat Sosialisasi Larangan Ternak Masuk Kebun Sawit Gunung Bayu 

SIMALUNGUN,(PAB)----

Komandan Koramil 07/PB Kapten Inf Supardi ikut serta menghadiri rapat tentang sosialisasi larangan ternak masuk kebun yang dilaksanakan di Aula Kebun Gunung Bayu Nagori Gunung Bayu Kecamatan Bosar Maligas Kabupaten Simalungun, Senin (18/03/2019).

Dalam kesempatan tersebut Maneger PTPN IV Kebun Gunung Bayu Bapak Ir Darwis Damanik mengungkapkan perawatan kelapa sawit menjadi ujung tombak yang sangat menentukan kesuksesan kita dalam membudidayakan tanaman penghasil minyak nabati ini. Kita semua tentu menginginkan semua pohon kelapa sawit yang dimiliki mampu tumbuh dengan baik serta mempunyai tingkat produktivitas yang tinggi. Oleh sebab itu, upaya perawatan ini mutlak dilakukan sebaik-baiknya dan harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Menurut buku Petunjuk Teknis Penanganan Kecambah dan Pembibitan Kelapa Sawit, terbitan PT Socfin Indonesia, untuk gulma yang ada dalam polybag di main nursery sebaiknya dilakukan secara manual dan sebaliknya untuk gulma yang tumbuh diluar polybag dapat menggunakan herbisida dengan alat semprot yang dilengkapi dengan pelindung pada bagian nozzel-nya guna menghindari terjadinya kabut herbisida, cara ini supaya herbisida mengenai bibit serta penyemprotan harus lebih rendah dari permukaan polybag.

Selain terus menjaga bibitan dari gulma, selanjutnya perlu juga dilakukan pengendalian hama dan penyakit pada saat pembibitan. Pemberantasan hama dan penyakit di pre nursery tidak dibenarkan menggunakan bahan kimia. Biasanya hama dan penyakit yang menyerang pada pre nursery dan main nursery tercatat serupa. Dengan perawatan seperti itu, ternak harus dilarang masuk kedalam perkebunan yang masih berumur muda. Supaya tidak terganggu pada pertumbuhan dan perkembangannya, ungkap Bapak Ir Darwis Damanik.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Maneger PTPN IV Kebun Gunung Bayu, Ir Darwis Damanik, Camat Bosar Maligas diwakili Sekcam, Binsar Sirait, dan Seluruh Pengulu Bosar Maligas, Tokoh Pemuda dari OKP PP, Polman Damanik dan para Anggota. (MS/Red)

Berita Lainnya

Index